perbaiki plafon gips

         Musim hujan atap bocor, tidak langsung diperbaiki akan mengakibatkan rusaknya komponen yang berada dibawah atap seperti kuda-kuda, plafon dan lain-lain. kali ini saya akan membahas tentang memperbaiki rusaknya plafon gypsum karena bocor yang mengakibatkan kerusakan , entah itu bercak kuning, kena jamur dan tidak ketinggalan lapuknya plafon gipsum.
        Untuk bekas noda kuning dan jamur perbaikannya sama saja, bersihkan permukaan plafon dari kotoran dan jamur, kalau anda sedang bersemangat sekali alias on fire bolehlah diamplas dulu pake amplas 240. pulaskan  bagian yang kotor tadi dengan cat sending sealler,
kalau susah mendapatkannya bisa pakai cat minyak warna putih doff atau kalau ada sisa aquaproof bisa juga diaplikasikan, tunggu hingga kering lalu dicat sesuai dengan warna cat plafon anda.           Bila plafon sudah terlalu parah atau lapuk perbaikannya sebagai berikut:
  • korek bagian yang lapuk tadi menggunakan kape atau alat sejenis lainnya kalau anda punya potongan sisa papan gipsum bisa anda lubangi dengan pisau cutter atau mata gergaji besi, usahakan lubangnya  persegi supaya gampang membuat pengganti bagian yang dibuang tadi.
  • buat potongan dari papan gips dengan ukuran yang sama dengan lubang plafon yang tadi di lubangi, lalu cocokan  hingga ukuran betul-betul sama persis.
  • campurkan tepung gips dengan air dengan perbandingan1 : 0.5, bila terlalu encer tambahkan tepung gips sedikit demi sedikit lalu aduk sampai kekentalan adonan seperti pasta gigi.
  • paparkan adonan tadi ke sekeliling potongan papan gips, ingat hanya dibagian tepiannya saja.
  • tempelkan kelubang tadi sampai posisinya betul betul rata, tahan selang beberapa detik sampai papan tambalan tadi tidak jatuh.
  • lalu kerik dempul gips yang keluar atau tidak rata dengan plapon, bila terlanjur mengeras dempulanya basahi menggunakan kuas lalu anda amplas sampai rata.
          sekarang plafon tadi sudah siap dicat, ingat bila masih berwarna kuning lapisi dulu permukaannya seperti cara yang paling atas. Dan juga dempul gips cepat kering, maka ketika anda membuat adonan harus cepat dipakai, sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

jasa perawatan dan perbaikan ruang lingkup bangunan anda dalam sekala besar dan kecil atau hanya butuh tenaga tukang kayu, ledeng atau taman dan lain-lain, keterangan lebih lanjut hubungi +622170514132 ipulart@yahoo.co.id